Kartu Prakerja Solusi Saat Pandemi Virus Corona Mewabah di Indonesia

Pemerintah Jokowi memberikan stimulus ekonomi kepada calon pekerja di Indonesia terkait pandemi Virus Corona atau Covid-19. Untuk memuluskan pemberian stimulus, pemerintah meluncurkan Kartu Prakerja. Untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini bisa melalui online di www.prakerja.go.id.

Pendaftaran pogram Kartu Prakerja 2020 yang dilakukan secara online rencananya akan dibuka pada minggu ini. Para peserta Kartu Prakerja 2020 nantinya akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif.


Berikut Alur Proses Mendapatkan Kartu Prakerja :

1. Penginputan Data dan Seleksi Online
Pertama, calon penerima kartu prakerja harus mendaftarkan akun pada laman prakerja.co.id. Setelah memiliki akun di laman tersebut, pendaftar harus melakukan verifikasi KTP dan melengkapi data diri pada form yang sudah disediakan secara online atau disebut dengan formulir Prakerja.
Selain itu, bisa juga melalui petugas Pengantar Kerja di Disnaker yang nantinya akan mendampingi peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif dan melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.
Proses pengecekan kelulusan sepenuhnya dilakukan secara daring/online. Calon peserta nantinya bisa mengetahui status kepesertaannya diterima atau tidak dengan melihat atau masuk ke dashboard akun yang telah didaftarkan.


Baca Juga :  Tips Ampuh! Membersihkan Smartphone Dari Bahaya Virus Corona


2. Memilih Pelatihan
Setelah di nyatakan lulus seleksi online, pendaftar akan mendapatkan Kartu Prakerja. Tahapan selanjutnya adalah memilih pelatihan dari layanan SISNAKER maupun layanan lainnya yang telah bekerjasama dengan layanan Kartu Prakerja.
Pada layanan yang disediakan oleh SISNAKER, pemilik kartu Prakerja dapat mengikuti pelatihan secara langsung atau offline. Dalam program ini, pemerintah turut menggandeng pihak swasta yang berfokus pada pelatihan digital demi menciptakan SDM unggul, Indonesia Maju.
Setelah memilih Jenis Pelatihan baik online maupun offline, selanjutnya kalian bisa membayar menggunakan saldo Kartu Prakerja, baik untuk pelatihan online maupun offline.

3. Mengikuti Pelatihan
Setelah Mendaftar dan Memilih Pelatihan, Tahap terakhir untuk menikmati manfaat dari Kartu Prakerja. Mengikuti pelatihan pun dapat dilakukan secara online maupun offline dan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga. Silahkan sesuaikan jenis keterampilan yang diinginkan dan sesuai dengan minat serta kebutuhan pasar saat ini.


Baca Juga : Cara Mendapatkan Listrik Gratis Selama Pandemi Covid-19


Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya sendiri belum resmi dibuka.

Berikut tahapan membuat Kartu Prakerja 2020 (daftar online Kartu Prakerja):
Membuat akun Kartu Prakerja
- Masuk ke laman Prakerja.go.id
- Masukkan nama lengkap kami, email dan kata sandi
- Klik Daftar
- Selanjutnya verifikasi email kamu
- Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email
- Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel