Cara Mengembalikan File Yang Terhidden di Flashdisk!


Cara Mengembalikan File Yang Terhidden Oleh Virus di Flashdisk

Virus memang banyak menyebabkan masalah. Tidak hanya pada computer, tetapi juga pada perangkat penyimpanan seperti flashdisk. Nah kali ini thistekno akan berbagi tips untuk mengatasi File yang terhiden oleh virus.  

Berikut cara Mengembalikan File Yang Terhidden :

1. Tancapkan flashdisk yang datanya terhidden oleh virus.

2. Masuk ke Command Prompt ( DOS ), Dengan menekan shortcut keyboard ( Windows + R ) kemudian ketikkan CMD dan tekan Ok.

3. Setelah muncul jendela Command Prompt, Masuk ke drive flashdisk biasanya drive berada di ( H: ) maka untuk mengaktifkannya ketikkan “H:” dan tekan Enter. Untuk drive ini tergantung pada komputernya atau lebih jelasnya lihat dulu di file manager sebelum memasukkan di CMD.
Cara Mengembalikan File Yang Terhidden Oleh Virus di Flashdisk

4. Setelah masuk ke drive flashdisk, Maka selanjutnya adalah ketikkan perintah berikut
attrib –s –h –r *.* /s /d 

Penjelasan untuk perintah-perintah diatas sebagai berikut :

Attrib = attribut.
– ( min ) = untuk unhide atau memunculkan data yang terhidden, tanda minus ( – ) bisa juga diganti dengan tanda plus ( + ) yang bertujuan untuk menghidden atau menyembunyikan data, contoh perintahnya sebagai berikut ( attrib +s +h +r *.* /s /d ).
-s = digunakan untuk mengembalikan data dari system atau dengan kata lain data anda dapat dikenali oleh System/windows.
-h = berfungsi untuk menampilkan file ataupun data yang terhidden.
-r = perintah ini digunakan untuk menampilkan read only.
*.* = digunakan untuk format atau ekstensi file. *.* berarti untuk menampilkan semua file dengan berbagai macam ekstensi yang ada, opsi tersebut bisa diganti atau disesuaikan. 
Misalnya saja kita hanya ingin mengembalikan file musik saja berarti formatnya dirubah menjadi *.mp3 , kalau ingin mengembalikan file gambar PNG, maka formatnya menjadi *.png , dan juga seterusnya.

5. Setelah perintah diatas tekan Enter, Tunggu prosesnya hingga selesai, Biasanya tidak terlalu lama tergantung pada jumlah file flashdisk sendiri.

6. Jika semua data dirasa sudah kembali seperti yang diinginkan, jendela Command Prompt dapat di tutup dengan mengetikkan exit atau langsung klik tombol closenya saja.

Begitulah cara mengembalikan file yang terhidden di flashdisk. Semoga dengan tips kali ini sobat bisa mengatasi dan mengembalikan file yang terhidden oleh virus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.