Tips Mengatasi MicroSD Yang Rusak!


Cara Merawat MicroSD
Micro SD merupakan perangkat yang banyak digunakan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang paham akan dunia gadget dan fotografi. Namun, bagaimana jadinya jika MicroSD Anda tidak terbaca atau bahkan rusak ? Ada beberapa tips untuk mengatasi MicroSD yang rusak.


1. Cek via Smartphone Sebelum membeli kartu memori baru, sebaiknya sobat mengecek terlebih dahulu Micro SD ke ponsel lain. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah Micro SD benar-benar rusak atau tidak.

2. Bersihkan SD Card Anda dapat membersihkan SD Card menggunakan cotton buds. Cara ini dapat Anda lakukan jika SD Card tidak terbaca saat dicek di ponsel lain. Sobat cukup membersihkan lempengan besi berwarna kekuningan pada kartu sampai terlihat bersih secara perlahan.

Baca Juga : PENTING! Tips memilih MicroSD Untuk Smartphone 

3. Cek di PC atau Laptop Sambungkan smartphone ke PC/komputer. Setelah itu cukup mengubah mode Media Transfer Mode (MTP) ke Mode Mass Storage (MSC). Setelah itu, buka Explorer dan klik kanan pada drive kartu SD. Kemudian, klik Properties > Tools > Error Checking. Tunggu sampai proses selesai lalu Anda dapat mengecek kembali di smartphone sobat.

4. Format di Android Cara ini dapat menghilangkan data di SD Card sobat. Tetapi, jika tidak ada data penting di SD Card atau menginginkan memori eksternal kembali normal dengan cepat, sobat dapat memformat kartu memori Anda. Pilih menu Settings > Storage > Portable Storage dan pilih drive SD Card. Kemudian sobat dapat langsung memformat SD Card dengan memilih opsi Format > Erase and Format.

Baca Juga : Cara Mudah Untuk Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Harus Menyimpan Nomer!  

5. Format via PC atau Laptop Anda cukup menghubungkan SD Card ke Card Reader dan disambungkan ke PC atau Laptop. Pilih menu Explorer dan klik kanan dibagian drive SD Card lalu pilih opsi Format. SD Card sudah terformat dan dapat digunakan kembali seperti pertama kali dipakai. Jangan lupa BackUp data sebelum memformat SD Card.

Begitulah cara mengtasi MicroSD yang rusak supaya kedepan penggunaan MicroSD tidak terjadi eror atau mengalami kerusakan kembali. Semoga tips diatas bermanfaat dan selamat mencoba. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel