Cara 'Ajaib' Menyiasati Storage Smartphone Android yang Sudah Penuh!

Cara Mengatasi Memory Internal Android yang Sudah Penuh

Pengguna Android yang memiliki kapasitas penyimpanan atau storage terbatas, biasanya akan kesulitan saat menginstal aplikasi baru. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk menyiasati storage ponsel Android yang sudah penuh.

Berikut ini 3 Cara Menyiasati Storage Ponsel Android yang Sudah Penuh.

1. Cara paling simpel, backup file pentingmu ke kartu memori
Pindahkan file-file yang ukurannya besar dan penting ke kartu memori eksternal, agar storage internal di smartphone dapat difokuskan untuk menyimpan update aplikasi. Caranya, buka menu Apps atau App Manager, lalu pilih aplikasi mana yang ingin dipindahkan ke memori eksternal, lalu pilih tombol Move to SD Card dan secara otomatis aplikasi akan pindah ke memori eksternal.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan File Yang Terhidden di Flashdisk!

2. Setelah itu hapus semua file di folder .thumbnails
Jika Anda sudah mem-backup file ke kartu memori eksternal, maka langsung hapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau chace dari foto yang Anda ambil dengan kamera. Caranya ialah pilih internal storage di menu File Manager dan masuk ke folder DCIM atau Picture. Selanjutnya masuk folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada didalam, smartphone akan lebih lancar.

Baca Juga : Meningkatkan Kinerja Komputer Supaya Lebih Cepat Bisa Dengan 10 Langkah Ini ! 

3. Jika cara diatas tidak berhasil, bisa hapus file cache dari semua aplikasi
Anda juga dapat menghapus file cache atau file yang sifatnya sementara di smartphone. Walaupun kecil dan sementara, cache terkadang memang memakan banyak kapasitas memori internal ponsel Android. Kamu bisa menghapus cache dari aplikasi di storage ponsel Android agar kapasitas penyimpanan lebih lega.

Begitulah cara menyiasati storage smartphone android yang sudah penuh. Semoga dengan tips kali ini sobat semua tidak lagi bingung untuk mengatasi memory internal yang tiba-tiba penuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.