Jenis-Jenis Motherboard Beserta Pengertiannya!


Fungsi dan pengertian motherboard

Motherboard merupakan sebuah printed circuit board (PCB) yang berperan sebagai penopang komponen komputer lain. Motherboard disebut juga dengan bus sehingga semua komponen dan perangkat  eksternal komputer bisa saling terhubung. Motherboard tidak hanya satu jenis saja. melainkan ada banyak jenis motherbard dengan beragam kebutuhan. Betikut adalah jenis-jenis motherboard untuk PC yang banyak digunakan:

Motherboard EATX
EATX atau Extended ATX adalah jenis motherboard high-end yang biasanya digunakan untuk spesifikasi tinggi, motherboard jenis ini bisa menggabungkan hingga 4 VGA card sekaligus.

Motherboard ATX
ATX merupakan jenis motherboard ATX standard, yang banyak digunakan untuk komputer. Motherboard jenis Standard ATX ini memilki ukuran panjang 305 mm dan lebar 244 mm. Motherboard standard ATX memiliki AGP konektor dan juga PCI connector.
Motherboard Micrp-ATX
Micro ATX, sesuai dengan namanya, motherboard dengan jenis Micro ATX ini memiliki bentuk micro, alias kecil apabila dibandingkan dengan form factor ATX Standard. Ukuran dari motherboard Micro ATX ini adalah sebesar 244 mm x 244 mm. Dengan ukuran yang kecil ini, mothetboard ini tidak terlalu membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Micro ATX juga terbilang salah satu jenis motherboard ATX yang paling ekonomis dan murah.

Motherboard Mini-ATX
Mini ATX merupakan jenis motherboard yang biasanya digunakan oleh mini PC karena ukuranya yang kecil (portable) mudah dipindahkan, tetapi motherboard jenis ini memiliki spesifikasi yang terbatas karena slot RAM dan slot PCIenya yang sedikit.

Sekian penjelasan singkat tentang jenis-jenis motherboard. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan tentang Motherboard. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel